Pesawat
sederhana adalah alat
mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya. Secara
umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai mekanisme paling sederhana yang
memanfaatkan keuntungan mekanik untuk menggandakan gaya. Sebuah
pesawat sederhana menggunakan satu gaya kerja untuk bekerja
melawan satu gaya beban. Dengan mengabaikan gaya gesek yang timbul, maka kerja yang dilakukan oleh beban besarnya akan sama dengan kerja yang dilakukan pada beban.
melawan satu gaya beban. Dengan mengabaikan gaya gesek yang timbul, maka kerja yang dilakukan oleh beban besarnya akan sama dengan kerja yang dilakukan pada beban.
Kerja
yang timbul adalah hasil gaya dan jarak. Jumlah kerja yang dibutuhkan untuk
mencapai sesuatu bersifat konstan, walaupun demikian jumlah gaya yang
dibutuhkan untuk mencapai hal ini dapat dikurangi dengan menerapkan gaya yang
lebih sedikit terhadap jarak yang lebih jauh. Dengan kata lain, peningkatan
jarak akan mengurangi gaya yang dibutuhkan. Rasio antara gaya yang diberikan
dengan gaya yang dihasilkan disebut keuntungan mekanik.
Keuntungan
mekanik tuas (pengungkit) : -w/f = lk/lb untuk mencari w, jika memang
belum ditemukan : w=m.g untuk mencari f, jika belum ditemukan : w*lb
= f*lk
keuntungan
mekanik bidang miring : -s/h
keuntungan
mekanik katrol : -tetap : lk/lb = 1 -bergerak : lk(2lb)/lb = 2
-majemuk : jumlah tali
untuk
roda bergigi, tidak ada keuntungan mekanik, yang ada adalah efisiensi :
energi keluaran bermanfaat / energi masukan total
Secara
tradisional
0 komentar:
Posting Komentar